Warek III PTKIN se-Indonesia gelar Rakor di Aceh

AR-RANIRY| Para wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerja sama Perguruan Tinggi Keagamaan islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia menggelar rapat koordinasi tentang kesiapan pelaksanaan Pekan Ilmian, Olah raga, Seni dan Riset (PIONIR) ke VIII tahun 2017.

Wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerja sama UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag usai mengikuti Rakor, Rabu (15/3/2017) di Hotel Mekkah Banda Aceh mengatakan, pertemuan wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerja sama tersebut membahas kesiapan pelakasaan Pionir VIII yang akan berlangsung April mendatang di UIN Ar-raniry Banda Aceh.

Rakor itu, kata Syamsul Rijal di antaranya membahas dua hal pokok, yakni tentang kesiapan UIN Ar-Raniry sebagai tuan rumah Pionir VIII dan membahas secara teknis bagaimana mencari atau memilih atlit yang ada diseputaran kampus.

“Secara teknis, UIN Ar-Raniry sebagai tuan ruamah tidak mengalami kendala yang berarti, karena ada petunjuk teknis tentang pertandingan atau perlombaan, untuk itu  para wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama sekaligus pimpinan kontingen, sudah memiliki bahan dan telah dibahasa secara detail,” ujarnya.

Dia mencontohkan, misalnya pertandingan bola basket, kapan itu diadakan, tempat dan teknis pertandingan. Hal lain yang paling urgen juga dibahasa bahwa telah dilakukan kesepakan bahwa semua pakaian atlit semuanya bagi perempuan memakai kerudung (jilbab) dan celana trening, bagi laki-laki juga memakai trening (panjang).

Terkait dengan kesiapan tempat, Syamsul Rijal meyakini bahwa sampai menjelang satu bulan digelarnya Pionir VIII, telah rampung 70-80 persen. Dalam kegiatan seperti ini ada tiga even besar, yakni penyambutan tamu di bandara, kita sudah siapkan panitia bagai mana kenyamanan tamu, kedua upacara pembukaan, bagaimana khidmat atau tidaknya upacara pembukaan, kita sungguhkan tarian masa yang sebut dengan tarian “meusahoe”, dan yang ketiga terkait dengan penyelenggraannya.

“Prinsipnya, pertandingan difokuskan di Kampus UIN Ar-Raniry, namun ada beberapa cabang olah raga yang fasilitasnya tidak dimiliki oleh UIN Ar-Raniry, UIN Ar-Raniry sebagai salah satu PTKIN yang ikut dalam Pionir ini, juga sudah dilakukan perekrutan atlit dan terus melakukan latihan,” kata Dia. [Nat].

Lainnya :